Wednesday, August 3, 2011

Resep Udang Rempah, Maknyuss

Kemarin iseng-iseng beli udang di pasar. Udangnya udang rebon, kuecil-kecil. Beli karena harganya murah. Lima ribu dapat semangkok penuh, hihihi.
Nah, pas nyampe rumah jadi bingung mo dibikin apa. Kalau udang besar mah tinggal digoreng aja ato dicampur tepung. Tapi kalau mini udang? masa mau dibikin petis? hahaha.
Akhirnya keinget ibuku yang biasa bikin udang campur kelapa. Rasanya rempah banget. Dan pas kutanya, ternyata namanya memang "Rempah".
Udang disini bisa diganti yang lain lo,, daging misalnya. Tinggal dicincang aja trus diaduk-aduk ke adonan en digoreng. Jadi deh...
Rasanya? Jangan tanya.. nendang banget. Ini resep kudapat dari bunda tercinta dan nampaknya sudah turun temurun. Mari dicoba :D

Udang Rempah


Bahan:
Udang 250 gr
Kelapa Parut (kelapanya pilih yang agak muda ya) 5 sdm
Telur 1 butir, kocok lepas
Garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
Cabe rawit 6 butir
Cabe merah 1 butir
Bawang putih 4 siung
Bawang merah 3 siung
Kunyit 1 cm
Kencur 1/2 cm
Ketumbar 1 sdm

Cara membuat:
Haluskan udang (kasar-kasar saja), masukkan ke dalam bumbu yang dihaluskan, aduk rata. Tuang kocokan telur, campur jadi satu. Tambahkan kelapa parut dan garam. Aduk lagi hingga benar-benar tercampur betul. Bentuk adonan dengan menggunakan sendok (seperti kalau membuat perkedel jagung). Goreng dalam minyak yang panas hingga coklat keemasan. Angkat.

Mudah bukan? Rasanya juga weeenak tenaaaannn

No comments:

Post a Comment