Sunday, August 7, 2011

Resep Kue Kastangel Ekonomis Murah KEJU banget

Kastengel adalah kue wajib yang musti dihidangkan saat lebaran, hihi.
Resep ini sudah mulai saya praktekkan sejak SMP, kalau tidak salah resep ini aslinya modifikasi dari resepnya bu Sisca Soewitomo. Kata adik saya yang doyaaaaan banget kue ini, resep kastangel punyaku 'ngeju' banget. Padahal di adonan dasarnya sama sekali tidak ada keju lo... Dan juga tidak ada butter sama sekali disini. Bisa dibilang, ini adalah resep kastangel yang ekonomis abis... Kekurangannya cuma satu, terlalu ngeprul aka lumer di mulut, jadi jangan dibanting-banting yaaaa :D

Resep Kastangel Ekonomis

Bahan:
1 butir kunir telur
200 gr margarin asin/ salted (aku biasa pake simas. Murah, haha)
200 gr terigu
50 gr maizena (optional, agar kastangel tidak gampang pecah--> aku ga pernah pake)
50 gr keju parmesan (optional, agar rasanya semakin ngeju--> aku ga pernah pake)
50 gr keju cheddar parut (optional, agar rasanya semakin ngeju--> aku ga pernah pake)

Bahan taburan:
keju cheddar parut secukupnya

Bahan olesan:
Kuning telur kocok secukupnya (agar pemakaian kuning telur irit, aku biasa pake kuning telur+pewarna kuning tua/telur+air/minyak goreng secukupnya. Kocok rata)

Cara membuat:
Kocok kuning telur dan margarin dengan speed rendah. Cukup aduk sebentar saja sampai adonan menyatu. Matikan mixer. Tuang tepung terigu (dan maizena jika kamu pakai) ke dalam adonan. Aduk rata dengan tangan. Masukkan keju parmesan dan keju cheddar parut (jika kamu pakai). Ratakan.
Tutup adonan dengan plastik. Masukkan ke kulkas. Diamkan sekitar 30 menit.
Cetak sesuai selera. Oles dengan kuning telur dan taburi keju. Tata di loyang yang sudah dioles margarin. Atau bisa juga gunakan kertas roti di atas loyang, jadi loyang tidak kotor oleh lemaknya margarin.
Panaskan oven 180 derajat (kalau ovennya ga ada termometer, dikira-kira saja). Masukkan adonan yang sudah dicetak. Panggang selama 15-20 menit. Kalau warna kastangel sudah kuning kecoklatan dan bagian bawah sudah berwarna coklat muda, berarti kastangel sudah matang. Segera angkat dan dinginkan. Setelah dingin, simpan dalam toples. Tutup rapat agar kerenyahannya terjaga.
Selamat mencoba :D

No comments:

Post a Comment