Monday, August 8, 2011

Resep Dasar Putri Salju tanpa Kacang

Sebenarnya putri salju ini adalah adonan sisa dari kastangel kemarin. Kebetulan taburan keju cheddarku habis (efek keju ditaruh kulkas--> dicemil suami. Kalau di rumah ibu, keju blok ini sukanya dikerikiti adik-adikku -__-"). Jadi terpaksalah putar otak agar adonan dasar tak terbuang percuma. Kebetulan sebelumnya sempat baca resep Putri Salju di milis NCC dan tanpa kacang! woh, kebetulan banget. Selain tidak ada kacang di rumah, aku juga lagi alergi kacang. Gampang diare bow... Cuma di milisnya NCC tidak pake margarin melainkan butter, which is, mahal boww... Hihihi...


Resep Dasar Putri Salju Tanpa Kacang Ekonomis Murah Meriah


Bahan:
1 butir kunir telur
200 gr margarin asin/ salted (aku biasa pake simas. Murah, haha)
200 gr terigu
50 gr maizena (optional, agar kastangel tidak gampang pecah--> aku ga pernah pake)

Bahan taburan:
gula halus secukupnya
gula dingin/gula donat secukupnya (optional,aku gak pake)

Cara membuat:
Kocok kuning telur dan margarin dengan speed rendah. Cukup aduk sebentar saja sampai adonan menyatu. Matikan mixer. Tuang tepung terigu (dan maizena jika kamu pakai) ke dalam adonan. Aduk rata dengan tangan.Tutup adonan dengan plastik. Masukkan ke kulkas. Diamkan sekitar 30 menit.
Cetak sesuai selera. Tata di loyang yang sudah dioles margarin. Atau bisa juga gunakan kertas roti di atas loyang, jadi loyang tidak kotor oleh lemaknya margarin.
Panaskan oven 180 derajat (kalau ovennya ga ada termometer, dikira-kira saja). Masukkan adonan yang sudah dicetak. Panggang selama 15-20 menit. Kalau warna kue sudah kuning tua dan bagian bawah sudah berwarna coklat muda, berarti kue sudah matang. Segera angkat. Pindahkan ke toples. Dalam kondisi hangat-hangat kuku, taburi dengan gula halus/kastor. Setelah dingin, taburi lagi dengan gula donat / kalau tidak ada, taburi gula halus aja.Tutup toples rapat-rapat agar kerenyahannya terjaga.
Selamat mencoba :D

No comments:

Post a Comment