Thursday, May 5, 2011

Faktor Penyebab Terjadinya Keputihan

Faktor penyebab terjadinya keputihan penting untuk para wanita ketahui karena keputihan akan mengganggu aktifitas sehari-hari anda.


Keputihan adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur vulva atau vagina. Hal ini akan menyebabkan daerah kewanitaan mengeluarkan bau yang tak sedap, keluar cairan berwarna putih kekuningan, gatal, rasa terbakar bahkan hingga menjadi bengkak.

Jika keputihan tidak segera ditangani maka bisa membuat wanita menjadi sulit berjalan, merasa sakit saat buang air kecil dan mersa sakit bila melakukan hubungan seks. Sebagian besar wanita pernah mengalami keputihan, tak jarang penyakit ini sering membuat kaum hawa menjadi cemas dan panik, apalagi bagi wanita yang baru pertama kali mengalaminya.

Jamur yang menyebabkan terjadinya keputihan adalah jamur Candida. Sebenarnya jamur ini telah ada disetiap wanita, namun dalam jumlah yang hanya sedikit dan tidak membahayakan kesehatan. Bila kondisi Anda sedang sehat, jamur ini tidak akan pernah menjadi penyebab keputihan, hal tersebut karena sistem kekebalan tubuh mampu untuk mencegah terjadinya infeksi. Namun, jika sistem kekebalan tubuh sedang lemah, maka akan lebih mudah bagi jamur Candida untuk tumbuh dan menimbulkan penyakit untuk Anda.

Faktor yang bisa memicu keputihan antara lain adalah penggunaan antihistamin, penyakit diabetes, kehamilan, stres, serta bahan-bahan kimia yang terkandung di sabun atau detergen.

No comments:

Post a Comment