Thursday, March 10, 2011

Posisi Tidur Ketika Hamil

Posisi tidur ketika hamil mungkin jadi masalah bagi beberapa orang ibu, sebaiknya tidur terlentang atau tidur miring? Tidur dengan posisi terlentang banyak dipilih sebagai posisi tidur ibu hamil.


Padahal posisi tidur terlentang kurang baik bagi janin karena ketika si ibu hamil tidur terlentang, berat bayi bersama dengan plasenta dan cairan amnion akan menekan aliran darah ke rahim dan ke pembuluh darah balik ke si ibu. Oleh karena itu, ibu hamil yang tidur terlentang setelah usia kehamilan lima atau enam bulan, biasanya akan mengalami pusing-pusing karena turunnya pengiriman darah.

Jika anda ingin bangun tidur terlentang, jangan lakukan dengan mendadak. Namun jika sekali-sekali anda ingin tidur terlentang boleh saja anda lakukan tetapi jangan terlalu lama. Posisi tidur yang terbaik dan di anjurkan oleh para ahli bagi ibu hamil adalah posisi miring. Untuk menjaga agar ketika Anda tertidur tidak terguling dan kembali terlentang, ganjal bagian belakang anda dengan bantal, sambil anda memeluk guling.

No comments:

Post a Comment