Saturday, March 12, 2011

Mempersiapkan Diri Menjelang Hamil

Mempersiapkan diri menjelang hamil sebelum kedatangan janin yang dinanti. Persipan ini akan membuat anda lebih siap dalam segala hal untuk membuat kehamilan yang sehat bagi bayi dan ibunya.


Banyak wanita yang tidak menduga saat kehamilan datang sementara persiapan, terutama persiapan fisik untuk menghadapi kehamilan belum dilakukan. Persiapan ini sangat diperlukan agar dapat hamil dan melahirkan bayi dalam keadaan sehat.
Sedang bagi yang ingin mempunyai anak, Anda dapat memperbesar kemungkinan untuk hamil bila keadaan fisik Anda lebih segar dan sehat. Persiapan ini bukan hanya untuk para istri saja, tapi untuk para suami juga, diperlukan kualitas dan kuantitas sperma yang baik. Karena untuk terjadinya kehamilan, diperlukan persiapan yang baik dari kedua pihak.

Persipan untuk suami
  • Berhentilah merokok
    Karena merokok dapat menyebabkan kemandulan, sehingga mengurangi kemungkinan sang istri untuk hamil. Selain itu, asap rokok juga akan mempengaruhi kesehatan sang janin sebelum dan sesudah dilahirkan.

  • Berhentilah mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak
    Karena alkohol dapat mempengaruhi mutu sperma.

  • Jangan stres
    Stres akan menyebabkan perubahan hormon dalam tubuh sehingga menimbulkan masalah kesuburan. Diet yang baik dan olahraga secara teratur akan mengurangi stres dan meningkatkan stamina fisik.

  • Usahakan agar suhu testis berada di bawah suhu tubuh
    Jangan berendam terlalu lama dalam air hangat atau menggunakan celana yang tebal. Dengan suhu yang dingin, sirkulasi darah pada testis akan lancar sehingga akan menghasilkan sperma yang baik.


Persiapan untuk istri
  • Berhentilah merokok
    Karena dapat menyebabkan keguguran, bayi yang lahir prematur, lahir mati atau bayi dengan berat badan rendah.

  • Kurangi mengkonsumsi alkohol

  • Berat badan yang seimbang
    Bila kegemukan akan mempersulit untuk dapat hamil, demikian juga bila berat badan kurang (kurus).

  • Konsumsi suplemen Asam Folat
    Konsumsi asam folat sangan bermanfaat untuk mencegah cacat lahir pada bayi-yang disebut defek tabung saraf seperti spina bifida. Dianjurkan untuk mengkonsumsi 400 mcg asam folat perhari. Asam Folat juga dapat ditemukan pada sayuran, jeruk, sereal, dan sebagainya.

Sumber : http://www.info-sehat.com

No comments:

Post a Comment