Saturday, March 5, 2011

Cara Aman Memandikan Bayi

Cara aman memandikan bayi berikut ini akan memberikan anda pengetahuan penting seputar cara memandikan bayi yang aman bagi kesehatan bayi.


Kulit bayi sangatlah halus dan sensitif untuk itu kulit bayi wajib dirawat kebersihannya di setiap hari, minimal pada waktu pagi dan sore supaya bayi terhindar dari kuman penyakit. Memandikan bayi bukanlah masalah gampang, hal ini tidak boleh dilakukan dengan asal tanpa pedoman kesehatan.

Dari mulai suhu air yang digunakan, kedalaman bak air, sabun dan shampoo yang digunakan harus diperhatikan. Kesalahan memilih produk akan menyebabkan bayi elergi dengan produk sabun bayi tertentu. Berikut ini adalah panduan bagaimana cara memandikan bayi dengan benar :
  • Tuangkan air dingin ke dalam bak air, kemudian tambahkan dengan air panas hingga suhu air menjadi 40 derajat celcius dengan ketinggian sekitar 7,5 cm dari bak mandi.

  • Basahi kapas dengan air hangat, bersihakn mata bayi dari ujung mata sampai ke ujung hidung Hal ini dilakukan karena mata bayi selalu kotor setelah bangun tidur. Mata bayi merupakan bagian yang sangat sensitif dan perlu kehati-hatian ekstra.

  • Setelah membersihkan mata, organ kedua yang wajib dibersihkan adalah telinga. Cara membersihkan telinga ini harus penuh ketelatenan karena bayi merasa geli dan sering bergerak-gerak bahkan menangis apabila bayi tidak menyukai hal ini. Basahi cotton buds dengan minyak baby oil. Jangan terlalu memasukkan cotton buds pada telinga bayi. Bersihkanlah teliga bagian luar saja.

  • Lepaskan pakaian bayi dari mulai atas ke bawah.

  • Bersihkan alat kelamin, pantat, dan semua lipatan-lipatan tubuh bayi dengan sabun bayi sampai bersih.

  • Sabuni rambut bayi dengan shampoo khusus bayi yang tidak membuat pedih atau iritasi pada mata.

  • Selalu atur suhu air yang digunakan untuk memandikan bayi. Jikan terlalu dingin atau terlalu panas akan memberikan efek samping yang buruk pada bayi.

  • Jangan memandikan bayi terlalu lama karena akan menyebabkan melemahnya kekebalan dalam tubuh bayi. Lakukan jangan lebih dari 5 menit. Ajaklah bayi berkomunikasi, bermain dengan mainan air, dan lain-lain

  • Untuk membersihkan bagian belakang tubuhnya, balikkan badan si kecil, kemudian sanggah badannya dengan tangan kiri Anda dan pegang erat-erat ketiaknya. Lalu dengan tangan kanan, bersihkanlah punggungnya. Setelah acara mandi selesai, angkatlah tubuh si kecil dari dalam air, lalu bungkuslah tubuhnya dengan handuk. Sambil mengajaknya bercengkrama, keringkan tubuh bayi dengan cara menekan-nekankan handuk bayi ke tubuhnya.

  • Setelah bayi kering, taburi bayi dengan bedak bayi dan olesi dengan minyak telon secara rutin setelah memandikan.pada lipatan-lipatan tubuh bayi seperti, pada kemaluan, pantat, lipatan siku, dan laian-lain. Jangan lupa ajaklah bayi berkomunikasi dengan baik.

  • Terakhir pakaikan popok dan pakaian bayi kemudian ajaklah berjemur atau jalan-jalan untuk memperoleh pancaran sinar matahari.

Sumber: http://www.ibusehat.com

No comments:

Post a Comment