Wednesday, December 31, 2008

Resep Roti Tawar

Resep masakan - Resep roti tawar
Bahan Resep roti tawar:
500 gram tepung protein tinggi
50 gram gula pasir
1 kuning telur
30 gram susu bubuk full cream
10 gram instant yeast
6 gram garam
6 gram bread improver
200 cc susu UHT
40 gram air
35 gram mentega

Cara membuat roti tawar:
Takar bahan bahan sesuai dengan resep, lalu satukan semua bahan kering ke dalam satu wadah. Aduk rata.
Masukkan semua bahan basah, uleni dengan baik hingga cukup menyatu.
Masukkan mentega, campur dengan baik.
Uleni hingga kalis.
Istirahatkan adonan selama 30 menit.

Optional : kempiskan adonan seluruhnya, hingga gas pada adonan terbuang seluruhnya. Timbang adonan sesuai ukuran loyang dan bulatkan. Kemudian, istirahatkan adonan selama 15 menit.

Gilas adonan, buang udara didalamnya, lalu rapikan.
Gulung adonan menjadi sebuah gulungan, letakkan tepi gulungan terakhir di bagian bawah. Istirahatkan selama 15 menit.
Lakukan langkah menggilas diatas 2 kali lagi.

Siapkan loyang, oles dengan mentega atau cairan pengoles loyang. Lalu masukkan adonan kedalam loyang.
Istirahatkan selama 75 menit.
Panaskan oven, kurang lebih 15 menit, atau suhu oven mencapai 150 derajat celcius.Masukkan adonan roti tawar, lalu panggang selama 30 menit.
Periksa roti, keluarkan dari oven.

Ketuk ketuk loyang untuk memeriksa kematangannya. Bila roti sudah matang, ketukannya akan berasa hampa atau bergema, atau seperti kembung. Kembalikan lagi kedalam oven bila belum mencapai keadaan ini.
Keluarkan roti dari dalam oven setelah roti berwarna coklat keemasan.
Oles dengan margarin atau mentega, langsung begitu dikeluarkan dari oven.
Setelah agak dingin, keluarkan dari loyang, biarkan diatas rak, sampai dingin sempurna (dingin seluruhnya), baru dipotong potong sesuai ketebalan yang diinginkan.


Cook's File
Gilasan pada roti tawar membuat tekstur roti tawar menjadi padat. Juga untuk menghilangkan penyimpanan gelembung udara yang membesar ketika proses fermentasi berlangsung. Gelembung udara yang membesar, menyebabkan rongga atau lubang yang besar pula pada sebuah roti tawar yang utuh.
Roti tawar, baru dapat dipotong setelah keadaan roti mencapai dingin sempurna. Alasannya, adalah karena kulit roti tawar yang terbentuk setelah proses pemanggangan, belum kering sempurna, sehingga bila roti tawar dipaksa untuk dipotong, maka roti tawar tadi akan mengempis dan kurang cantik dan rapi pada hasil potongannya.
Roti tawar yang dipanggang dengan sempurna, akan mencapai masa bertahan selama 4 hari. Setelah melewati 4 hari, periksa dengan baik pada setiap sisinya. Bila bintik hitam mulai muncul pada beberapa bagian permukaan roti, jangan gunakan roti tersebut, dan gantilah persediaan dengan roti tawar yang baru. Bintik hitam tersebut adalah tanda mulai berkembang biaknya jamur pada roti.
Selalu bersihkan tangan terlebih dahulu sebelum memulai menangani atau memegang roti, supaya roti terjaga kebersihannya dan terhindar dari jamur.


Tips membuat roti tawar :
Gunakan cairan bersuhu dingin untuk menghasilkan dough berkualitas tinggi dan menghindari rasa asam yang ditimbulkan oleh ragi (yeast), bila diperlukan boleh menambahkan serpihan es batu.

Takar bahan bahan sesuai dengan ukuran supaya diperoleh hasil yang maksimal.

Untuk takaran tepung 500 gram, dapat menggunakan hand mixer berkekuatan kecil, selama (kurang lebih) 25 menit.
Untuk pemakaian stand mixer besar, langsung masukkan semua bahan, kecuali mentega, hingga menyatu, lalu masukkan mentega, biarkan mixer bekerja dengan kecepatan tinggi untuk fungsi pengadukan dough, selama (kurang lebih) 13 menit.

Adonan yang kalis akan terlihat halus, dan tidak menempel pada bowl atau bila adonan ditarik dengan tangan, akan terlihat lapisan film pada adonan.

Siapkan oven saat hendak memanggang hingga mencapai suhu yang diinginkan, panaskan terlebih dahulu selama 15 - 30 menit sebelum memanggang, agar oven dapat menghasilkan panas yang rata dan stabil.

Gilas adonan roti tawar beberapa kali, supaya menghasilkan tekstur daging roti tawar yang halus. Semakin banyak gilasan, semakin halus teksturnya.
Jangan menggilas adonan berlebihan supaya adonan tidak stress dan memiliki ruang pengembangan yang cukup untuk mengembang.

Usahakan selalu melindungi adonan dari udara terbuka ketika adonan memasuki masa istirahat, hal ini ditujukan agar kulit adonan yang terbentuk tidak menjadi kering, dan tetap lentur ketika memasuki proses pembentukan.

Preparation Time : 3 - 4 hours
Cooking Time : 30 - 45 minutes


Catatan :
Kata yang punya resep, kalau ngga punya bread improver takaran ragi ditambah sampai maksimal 2 kali ukuran semula.. jadi hilangkan bread improver dan ragi ditambah sampai maksimal 20 gr, kalau saya lebih suka ditambah emulsifier.
Kalau ngga punya susu bubuk, bisa diganti terigu saja atau susu bubuk apa saja (saya pakai susu formula utk bayi)
Kalau mau lebih gurih, air diganti dgn 80 ml krim cair.

No comments:

Post a Comment